Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Jenis Uang yang Harus Anda Tahu!

Vaganzer, mau tahu informasi terkini tentang perkembangan jenis uang yang  terbaru? Anda pasti tahu, bahwa uang tidak hanya berupa kertas atau yang dapat dipandang lainnya, secara global, banyak sekali ditemukan macam-macam uang. 

Di era sekarang, banyak sekali bermunculan jenis uang yang begitu simpel. Bahkan tidak seperti cek, atau ATM yang bisa sedikit menyulitkan, karena harus dibawa dan beresiko hilang. Uang itu adalah berupa uang elektronik.

Hanya dengan membawa HP saja sudah cukup untuk menjadi alat tukar Anda! Wah-wah!

Di masa yang serba canggih, uang kini bertransformasi menjadi bentuk yang berbeda dari uang pada umumnya. Kalau Vaganzer penasaran, kuy baca infonya hingga akhir. Pembahasan yang akan Miva sajikan, mulai definisi, jenis, dan fungsi uang.

Definisi Uang Menurut Para Ahli

Sebelum jauh membahas jenis-jenis uang ada apa saja, mari kita ketahui definisi uang dari para pakarnya. Secara singkat, fungsi dan jenis uang adalah alat tukar suatu benda. Namun jika dari para ahli langsung, apakah itu?

1. Tri Kunawangsih dan Anto Pracoyo

Uang adalah yang dapat diterima oleh kalangan masyarakat sebagai alat pembayaran yang sah.

2. Albert Gaiort Hart

Uang adalah sebuah alat transaksi atau alat  membayar hutang dalam waktu segera dan tidak ditunda-tunda.

3. Rismsky K. Judisseno

Sedangkan menurut Rimsky, uang adalah alat media yang bisa diterima oleh setiap pelaku ekonomi ataupun yang menjadi  pelaku pasar uang, agar mudah dalam bertransaksi.

4. Walker

Dalam bahasa Inggris, definisi uang menurut Walker adalah “Money Is What money does” yang artinya, uang adalah semua hal yang bisa dilakukan oleh uang.

5. H. Robertson

Menurutnya, uang adalah sesuatu yang bersifat umum, bisa diterima untuk menjalankan transaksi pembayaran barang ataupun dalam bentuk jasa.

6. George N. Halm

Pada poin ini, pengamat ekonomi yang terakhir, George N. Halm mengatakan bahwa uang adalah alat yang digunakan masyarakat untuk mempermudah serta memperlancar pertukaran. Baik bentuk barter ataupun transaksi.

Pengertian uang menurut para ahli, sudah kentara yaitu sebagai alat pertukaran 

Inilah Fungsi dan Jenis Uang

 Setelah Anda mengamati pengertian uang menurut para ahli, Anda juga harus tahu mengenai jenis-jenis uang secara global. Ini dia macam-macam uang berdasarkan lembaga yang mengeluarkan atau menerbitkan uang tersebut:

1. Jenis uang kartal

Uang kartal di sini, bisa diterjemahkan ke dalam alat tukar pada umumnya. Yaitu, uang logam dan kertas biasanya. Dengan gambar yang bermacam-macam dan nilai tukar yang berbeda.

Adapun keduanya, memiliki kekurangan dan kelebihan. Uang kertas lebih unggul karena beberapa alasan, di antaranya:

a. Uang kertas lebih murah dalam bahan pembuatan serta prosesnya.

b. Uang kertas lebih mudah di bawa, karena tidak terlalu berat.

c. Uang kertas lebih mudah disimpan.


2. Uang Giral

Yang kedua, ada uang giral. Uang giral adalah salah satu bentuk uang yang muncul karena suatu kebutuhan negara akan alat pembayaran yang mudah. Namun disayangkan, ternyata uang giral masuk dalam nominasi alat pembayaran yang tidak sah.


Maksudnya, masyarakat masih bisa menolak terhadap orang-orang yang menggunakan uang giral sebagai uangnya.


Jika dalam bentuk fisik, uang giral merupakan uang yang dicatatat dalam pembukuan rekening Koran. Jenis uang giral antara lain, cek, bilyet, giro, kartu ATM, dan juga uang elektronik.


Namun uang elektronik mengandalkan kecepatan koneksi internet yang memengaruhi berhasil atau gagalnya transaksi, menjadi satu kelemahan. Tetapi dengan adanya internet, sekarang zaman semakin maju dengan pesat. 


Jika Anda ingin tahu sejarahnya internet, Miva punya informasi sejarah internet. Ngelink (https://indovaganza.com/sejarah-internet/ )


Banyak sekali bermunculan uang elektronik guys! Contohnya gopay, Saldo Dana dan sebagainya. Hanya dengan menggunakan kartu ATM, atau bahkan hanya menggunakan HP, bisa untuk membayar apa yang Anda beli.

Penutup

Vaganzer, kesimpulannya adalah sebagai masyarakat Indonesia, kita semua bisa menerima perkembangan zaman yang semakin maju. Di mana cek termasuk jenis uang giral, yang menjadi salah satu bentuk kemajuan itu. Terlebih, uang elektronik seperti gopay dan lain sebagainya.

Dengan demikian, 2 jenis uang di atas, bisa Anda gunakan untuk membayar apapun yang Anda beli. Tetapi tidak semua orang bisa menerima uang giral. Hal ini karena, masih banyak toko kelontong yang belum bisa mengikuti perkembangan zaman, serta mengganggap uang tersebut terlalu ribet.

Semoga informasi di atas, cukup membantu para pembaca ya!


Posting Komentar untuk " 2 Jenis Uang yang Harus Anda Tahu!"