Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Dia Langkah Pencegahan Kanker Payudara dan Cara Mengenali Gejalanya!

 

Pola hidup sehat, membuat banyak penyakit tidak berani mendatangi tubuhmu. Apalagi, dalam ilmu medis, ada sebuah ungkapan bahwa dalam setiap tubuh terdapat bibit kanker payudara yang siap melahap tubuhmu. Mangkanya, sebagai pribadi yang baik, hendaknya sigap melakukan pencegahan kanker payudara seperti pepatah yang mengatakan bawa payung sebelum hujan.

Nah sebelum kanker benar-benar mendatangi tubuhmu, saya kasih ulasan mengenai penyebab kanker payudara, hingga cirri-ciri kanker payudara yang mudah dikenali.

Penyebab Kanker Payudara dan Pencegahannya

Bibit-bibit kanker yang terus saja dirawat dengan pola makan yang kurang benar, misalnya saja konsumsi makanan yang ber MSG tinggi dan lainnya adalah menjadi salah satu penyebab. Penyebab dan cara mencegahnya sudah saya rangkum di bawah.

1. Penyebab Kanker Payudara

Adapun apa saja penyebabnya, bisa kamu baca di bawah ini:

a. Suka Merokok Dan Minuman Beralkohol

Orang yang merokok, terdapat dua tipe, perokok aktif dan pasif. Jika kamu tidak pernah merokok, lantas hingga kejadian kanker ini pada dirimu, mungkin di sekitar ada yang merokok. Pokoknya hindari rokok, baik menjadi aktif atau pasif, karena nanti bisa menyebabkan kanker tersebut. Begitu juga dengan minuman beralkohol.

b. Kelebihan berat badan (obesitas)

Penyebab yang kedua, kelebihan berat badan. Ternyata kelebihan berat badan bisa memicu timbulnya kanker pada payudaramu loh. Oh iya, bukan hanya kanker payudara, kelebihan berat badan bisa memicu penyakit yang lainnya juga.

c. Ada keluarga yang mempunyai riwayat kanker payudara

Waspadai, jika di sekitar keluargamu ada yang pernah mengalami penyakit kanker payudara. Karena hal ini juga bisa terjadi di kamu, melalui gen. Tetapi hal ini hanya pemicu bibitnya saja, kamu harus rutin melakukan hal-hal yang dapat mencegah kanker payudara.

d. Sering terpapar dengan radiasi

Sering terpapar radiasi yang berlebihan, juga menjadi sebab munculnya kanker payudara dalam tubuhmu semakin membesar. Boleh keluar rumah, bahkan dianjurkan, tetapi pada waktu tertentu saja.

e. Usia yang semakin menua

Usia yang semakin menua juga menjadi sebab kanker payudara pada tubumu. Namun usia yang tidak muda lagi, memang tidak bisa dihindari. Tetapi dengan tetap menjaga pola makan dan sering olahraga, bisa mengatasi kanker payudara menyerang.

f. Tidak pernah hamil

Siapa sih, setelah menikah tidak mau hamil? Ada aja sih! Hehe. Tetapi kamu juga harus tahu, bahwa orang yang tidak pernah hamil, ternyata bisa memicu tumbuhnya kanker payudara semakin membesar.

Jika kamu tidak pernah hamil karena takdir, belum dikasih titipan sama Tuhan, hal ini jangan perlu dirisaukan. Karena meskipun dirimu bisa berpotensi mengalami kanker payudara, tetapi ada banyak langkah untuk mencegahnya.

g. Menstruasi terlalu muda

Menstruasi yang normal bagi kalangan wanita, paling tidak, harus ada di atas 12 tahun. Tetapi ada juga yang tidak demikian. Nah bagi kamu yang mengalami menstruasi di bawah 12 tahun, harus mewaspadai kanker payudara yang mudah ada di tubuhmu.

Tapi kalau kamu sering melakukan hal yang dapat mencegah penimcu kanker payudara, ha ini akan aman.

h. Pil KB

Ternyata Pil KB masuk dalam list yang mengakibatkan kanker payudara. Hal ini seperti yang banyak diketahui orang-orang, bahwa pil KB tidak terlalu sehat bagi tubuh. Namun sebagian orang membutuhkannya, untuk mengatur generasi keturunan kita menjadi tidak berlebihan.

Jika memutuskan untuk mengkonsumsi pil KB, jaga dirimu baik-baik agar penyakit ini tidak menghinggap ditubuhmu. Ada banyak cara, bisa dibaca pada poin berikutnya.

Beberapa penyebab di atas, merupakan pemicu bibit kanker payudara menjadi semakin membesar. Hingga stadium akhirpun bisa jadi tidak terasa waktunya.

2. Cara Pencegahan Kanker Payudara

Setelah kita mengetahui apa yang menyebabkan kanker muncul dan membesar dalam tubuhmu, berikutnya, kamu juga harus tahu cara pencegahan. Yuk baca hingga akhir:

a. Pola Makan yang Bergizi Seimbang

Pola makan yang seimbang dengan gizi yang banyak, akan membuat bibit kanker payudara takut mendatangimu. Tentunya harus diimbangi dengan banyak hal yang dapat mencegah kanker payudara. 

Hal positif yang bisa kamu dapat karena rajin konsumsi makanan yang bergizi seimbang, akan membuat tubuhmu tidak berlebihan berat badan. Berlebihan berat badan atau obesitas juga bisa menyebabkan kanker payudara.

b. Tidak Lengah dengan Sering Melakukan Pemeriksaan Rutin SADARI

Ada banyak faktor yang bisa memicu timbulnya penyakit kanker payudara, tetapi dengan melakukan pemeriksaan SADARI, akan membuat bibit kanker yang membesar, diketahui sejak dini olehmu.

c. Tidak Terlalu Stress

Jangan terlalu stress dalam menjalani hidupmu. Karena akibatnya bisa fatal, selain memengaruhi psikis, juga memengaruhi kesehatan, penyakit berbahaya seperti kanker payudara pun bisa ikut.

d. Meluangkan Waktu untuk Beristirahat yang cukup

Istirahat yang cukup, menjadi salah satu hal yang paling penting. Banyaknya berakitifitas bisa menimbulkan kelelahan, stress, bahkan datangnya banyak penyakit yang menghampirimu.

e. Tidak Membiarkan Susu dalam Payudara Terbuang Begitu Saja, Melainkan Disusukan Pada Anak

Sebagai ibu yang baik, hendaknya menyusukan ASI-mu kepada anakmu. Bahkan dalam dunia medis pun menyarankan agar ASI itu tidak terbuang sia-sia, karena ASI bisa menjadi obat kanker payudara alami. Jika tidak disusukan kepada anak, bisa memicu timbulnya kanker payudara.

f. Rajin Berolahraga yang Cukup

Tips sehat atau cara mencegah kanker payudara yang terakhir adalah dengan rajinnya kamu berolahraga. Oh iya, secukupnya saja ya, karena hal yang berlebihan tentunya tidak baik. Dengan rajin berolahraga yang cukup, bisa menghindarkan kamu dari banyak penyakit, termasuk kanker payudara.

Tanda-Tanda Kanker Payudara yang Merasuk Dalam Tubuhmu

Hal yang paling urgen, kamu harus mengetahui tanda-tanda kanker payudara yang mudah dikenali. Pasalnya, untuk mengenalinya, kamu butuh kesadaran dan kepekaan diri. Mawas diri dalam menjaga tubuh serta jauh dari gangguan kanker payudara sangat penting.

Tidak semua tanda, bisa ditunjukkan oleh tubuhmu. Penyakit ini terkadang seakan tiba-tiba muncul, karena kita kurang kepekaan, atau bahkan memang tidak terihat sama sekali. Yuk kenali ciri-ciri kanker payudara yang mudah dikenali bawah ini:

1. Payudara terasa sakit yang tidak biasa, melebihi akan menstruasi

2. Terdapat benjolan yang tidak wajar atau ada jaringan yang menebal di sekitar payudara

3. Payudara membengkak, baik sebagian atau seluruhnya

4. Payudaramu berlubang, dengan berwarna keme

5. Ada cairan yang keluar dari puting, tetapi itu bukan ASI

6. Ada benjolan atau pembengkakan di bawah lenganmu

7. Putting susu mengeluarkan darah

8. Putting susumu tertarik ke belakang

9. Payudara tampak tidak normal, payudara kulitnya mengelupas atau bersisik

Bagaimana? Banyak hal yang perlu kamu pelajari kan, biar kamu terjauh dari penyakit ini. Mulai dari sebab, cara pencegahan kanker payudara, hingga kamu harus tahu tanda-tandanya ada di tubuhmu atau tidak. Semoga info di atas, sudah cukup menjawab pertanyaan dibenakmu selama ini.


Posting Komentar untuk "Ini Dia Langkah Pencegahan Kanker Payudara dan Cara Mengenali Gejalanya!"