Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenali Vibraphone Instrumen Indonesia Untuk Bermain Alat Musik

 Vibraphone merupakan instrumen perkusi yang biasanya ada dalam keluarga metalofon. Alat musik ini terdiri dari batang logam yang disetel dan biasanya dimainkan dengan menggunakan palu untuk memukul batang. Seseorang yang memainkan vibraphone biasanya disebut vibraphonist, vibraharpist, atau vibist .

Dari bentuknya, Vibraphone menyerupai marimba baja. Namun, anda harus kenali vibraphone instrumen Indonesia ini lebih dalam, karena terdapat salah satu perbedaan utama antara vibraphone dan instrumen perkusi keyboard lainnya yakni bahwa setiap batang menggantung di atas tabung resonator yang berisi cakram logam datar. Cakram ini disatukan oleh poros yang sama ukurannya dan berputar ketika motor dihidupkan. Hal ini pun menyebabkan instrumen yang bisa menghasilkan efek tremolo atau vibrato yang sama. 

Vibraphone juga mempunyai pedal penopang yang mana hal ini mirip dengan piano . Ketika pedal bisa dinaikkan, palang akan menghasilkan suara yang tidak terdengar; ketika pedal diturunkan, palang bertahan selama beberapa detik atau hingga diredam lagi dengan pedal.

Anda harus bisa kenali Vibraphone instrumen Indonesia ini. Umumnya vibraphone biasanya digunakan dalam musik jazz, di mana alat musik ini sering memainkan peran unggulan, dan merupakan elemen penentu suara eksotika.

Vibraphone merupakan instrumen perkusi keyboard solo paling populer kedua dalam musik klasik, setelah marimba, dan juga merupakan bagian dari pendidikan pertunjukan perkusi tingkat perguruan tinggi standar. Ini adalah instrumen standar di bagian perkusi modern untuk orkestra, band konser , dan juga dalam seni berbaris.

Diketahui bahwa Vibraphone telah mengalami peningkatan popularitas selama dekade terakhir. Bandingkan "seperti yang baru ditemukan" dan sebagian besar hal itu disebabkan oleh pemain lawas seperti Gary Burton, Milt Jackson, Mike Mainieri, dan David Friedman. 

Sementara para pemain ini harus bisa mencari dan berebut untuk menemukan pembelajaran serta literatur yang sesuai, hingga akhirnya bagi pemula saat ini pun mempunyai tugas yang jauh lebih mudah. 

Namun, masih banyak yang menggunakan materi dan solo yang bisa dibilang sudah ketinggalan zaman. Terkadang literatur marimba dan xylophone, meskipun menantang, tidak ditulis secara khusus untuk vibraphone dan hal itu juga tidak berfokus pada teknik vibraphone sendiri seperti teknik pedaling dan dampening.

Karena masalah teknis yang sulit, maka banyak literatur keyboard percussion standar yang tidak dapat digunakan. Seperti teknik sustain pedal, mallet dampening, hand dampening, penggunaan motor, lengkungan nada, vibrato mulut, serta permainan arco semuanya itu adalah teknik unik untuk vibraphone. Dari teknik dan suara yang dihasilkan, pemilihan bahan yang sesuai juga harus dilakukan benar dan hati-hati. 

Demikian beberapa hal yang harus anda tahu dari mengenali vibraphone instrumen Indonesia. Vibraphone bisa Anda mainkan dengan mudah jika anda sudah mengenal teknik memainkannya. 





Posting Komentar untuk "Kenali Vibraphone Instrumen Indonesia Untuk Bermain Alat Musik"